Cahaya Untuk Awan

Aku..? 

Akulah awan yang mengitari bumi siang dan malam
Menemani bintang, bulan, dan matahari
Terkadang kumenangis dan kumerenung
Terkadang hariku penuh warna bak pelangi 

Terkadang..
Ya.. Terkadang.. 

Aku iri pada keindahan pelangi
Pada persahabatan matahari dan bulan
Anggunnya rindu sang bulan kepada bintang 

Aku..
Ya.. Aku.. 

Hanya membutuhkan langit
Tanpa dia, kemana lagi ku kan berarak
Sayangnya langit adalah rumah bagi kami
Rumah tempat kami saling bertegur sapa

Dan aku!?
Aku hanyalah awan yang dihembus angin 

Adakah sinaran itu untukku?
Adakah cahaya yang akan memberi kehangatan bagiku
Seperti bintang bulan yang tak bisa hidup tanpa matahari
Seperti pelangi yang memamerkan bias cahayanya 

Aku ingin hidup..
Ya.. aku butuh cahaya!!!

Ku merenung namun tak jadi kumenangis
Sempat kuteteskan sedikit air mataku lalu ku berarak lagi
Ku takut air mata ini tak kunjung reda 

Cahaya..
Ya.. cahaya.. 

Dimanakah engkau?
Aku merindukan kehangatan itu
Sinarilah aku wahai cahaya!


Bang Jenggot, May 31, 2016
Read More...

Cahaya Untuk Awan - Bagian 1

Photo taken by : Wajah Photography @Bang Jenggot™
     Entah dari mana hendak ku mulai cerita ini..

ah.. baiknya dari berakhirnya hubunganku yang berakhir perkara uang hantaran nikahan yang terlalu besar dan akhirnya menjalani hidup ini sendiri lagi.

memang benar dalam hidup ini sebenarnya aku tak sendiri, cinta dan kasih sayang tak melulu datang dari pacar, ada orang tua, teman, sahabat, dan banyak lagi dari orang-orang di sekitar kita. namun lain halnya jika kita menginginkan seseorang untuk mengisi hal-hal tersebut. katakanlah aku seorang pria yang bagai bunga yang tak bisa mekar tanpa sinar matahari, aku pun juga membutuhkan seorang kekasih sebagai pendamping hidup yang bisa menjadi teman serta sahabat.

Awalnya aku tak ingin mencari kekasih baru, belum lagi dengan keadaanku sekarang ini aku tak yakin bisa merasakan cinta. maka kuserahkan saja semua pada ibu dan bapakku, mengingat sungguh sulit mencari dan menjalani hubungan dari awal sampai ke pernikahan. cukuplah yang lalu itu saja, tak ingin kuhabiskan 5 tahun lagi untuk mengulang cerita yang sama.

Hatiku..
Selama 2 bulan di landa kekosongan dan akupun mengistirahatkannya.

Otakku..
Terus mengingat peristiwa lalu.

Air Mataku..
Bak aliran sungai deras yang tak menentu arah namun akhirnya menuju hilir yang tak bertepi.

      Tahun baru datang lebih awal dari perkiraan, akupun mulai menata kembali hati dan pikiranku agar bisa melanjutkan hidup yang telah terbengkalai selama 2 bulan terakhir. Mencoba memetik hikmah dalam dilema cerita lama dan berusaha ikhlas walau tak rela, sampai kutemukan jawaban yang sesungguhnya pahit namun membuatku merasa ada dan hidup kembali.

Ah.. betapa bodohnya aku baru sekarang kusadari!

Pada suatu hari saat melihat-lihat grup di bbm, ada seorang wanita dengan display picture yang cukup menggemaskan. sekonyong-konyongnya tanganku mengirim undangan permintaan berteman dan aku senang permintaan itu diterima olehnya dan setelah beberapa waktu, mulai lah kucoba berkenalan. sayangnya, koneksi jaringan internet di sini lebih membuat kita galau ketimbang hal lainnya. lama ku menunggu balasan bbm dari si wanita itu seharian dan esoknya barulah ku ketahui bahwa pesan tersebut tak pernah sampai padanya. 

Entah beberapa hari atau beberapa minggu setelahnya kembali kucoba memulai percakapan untuk berkenalan dengannya dan di respon dengan baik.
katakanlah namanya Cahaya dan aku Awan. 
dia pun mulai bertanya "ini Awan mana ya?", 
dan kubalas dengan jujur walau percakapan di antara kami tidaklah lama dan berakhir tanpa balasan darinya. jadi, setiap hari aku hanya menunggu status bbm dan update display picture darinya supaya bisa berkomentar dan memulai perrcakapan baru.

Singkat cerita, sembari bercanda aku mulai mengajukan beberapa proposal seperti mengajak nonton dan sebagainya demi berjumpa dengannya. aku sadar bahwa hal ini terlalu cepat dan walaupun sebelumnya aku juga telah salah langkah, namun, aku tak ingin berlama-lama. 
beberapa kali hanya di balas dengan "Ahahahaha..",
"tapi Cahaya sedang sibuk", 
"jumpaan tapi nggak sekarang-sekarang lah, Awan..nanti saja.. :)".
Oh, malangnya nasibku! :D

Namun hal tersebut tak menyurutkan asaku, sampai pada waktunya aku merasa lelah mengikuti permainan ini, sedangkan aku sendiri belum mendengar langsung darinya apakah ia sudah punya kekasih. sudah kuputuskan untuk bertanya secara terbuka pada dirinya.

(A untuk inisial namaku dan C untuk namanya)

A:  A mau tanya, boleh ya? tapi mesti dijawab jujur.
C:  Boleh A..
A:  Tapi sebelumnya A minta maaf karena segan juga mesti tanya hal ini..
(belum siap ngetik bbm sudah langsung di balas)
C:  Hadeh..tanya saja A..nggak apa-apa..
A:  Sebenarnya C sudah punya pacar atau cowok gitu? soalnya A lihat jarang pasang foto berdua. pernah sih waktu itu sekali saja, tapi itupun berpasang-pasangan dengan teman-teman.
...............
C:  Ada A.. C lagi ada dekat dengan orang.
     Harus jujur kan . .
     :)
A: Ohh sudah ya. iya, harus jujur.
     Ya sudah, kalau begitu C jadi kawan bawel-bawelan saja deh =D
C:  Hehe
     (y)
A:  (y)
     Ya sudah nggak apa. Tetep semangat ya C.
C:  A juga tetap semangat berteman dengan C ya..
A:  (y) C.
C:  Hehe.

Seketika semangat ini memudar, jiwaku seakan luluh lantak saat membaca pengakuan darinya. saat aku tak mengaharapkan cinta, dia hadir membasuh jiwaku yang kering. sungguh tak dinyana, hati ini pupus. sempat terpikir olehku kala itu bahwa orang yang dekat dengannya adalah diriku sendiri. namun banyak hal yang membuatku menyangkalnya. 
"ah tak mungkin lah" bisik hatiku.
Mungkin dia hanya seberkas cahaya dari Tuhan untukku, hadir untuk menyinari ruang hampa di hatiku. sehingga aku bisa merasakan kembali arti kehidupan ini, walau sesaat, namun penuh arti.

Bersambung...
Read More...

Kisah 3 Pria

Foto Google
Suatu ketika, ada seorang wanita yang kembali pulang ke rumah dari perjalanannya keluar rumah, dan ia melihat ada 3 orang pria berjanggut yang duduk di halaman depan. Wanita itu tidak mengenal mereka semua.

Wanita itu berkata dengan senyumnya yang khas: “Aku tidak mengenal Anda, tapi aku yakin Anda semua pasti orang baik-baik yang sedang lapar. Mari masuk ke dalam, aku pasti punya sesuatu untuk mengganjal perut”.

Pria berjanggut itu lalu balik bertanya, “Apakah suamimu sudah pulang?”
Wanita itu menjawab, “Belum, dia sedang keluar”.

“Oh kalau begitu, kami tak ingin masuk. Kami akan menunggu sampai suamimu kembali”, kata pria itu.

Di waktu senja, saat keluarga itu berkumpul, sang istri menceritakan semua kejadian tadi. Sang suami, awalnya bingung dengan kejadian ini, lalu ia berkata pada istrinya, “Sampaikan pada mereka, aku telah kembali, dan mereka semua boleh masuk untuk menikmati makan malam ini”.

Wanita itu kemudian keluar dan mengundang mereka untuk masuk ke dalam.
“Maaf, kami semua tak bisa masuk bersama-sama” , kata pria itu hampir bersamaan.
“Lho, kenapa? tanya wanita itu karena merasa heran.
Salah seseorang pria itu berkata, “Nama dia Kekayaan,” katanya sambil menunjuk seorang pria berjanggut disebelahnya, “sedangkan yang ini bernama Kesuksesan, sambil memegang bahu pria berjanggut lainnya.

Sedangkan aku sendiri bernama Kasih-Sayang.
Sekarang, coba tanya kepada suamimu, siapa diantara kami yang boleh masuk ke rumahmu.”

Wanita itu kembali masuk ke dalam, dan memberitahu pesan pria di luar. Suaminya pun merasa heran. “Ohho…menyenangkan sekali. Baiklah, kalau begitu, coba kamu ajak si Kekayaan masuk ke dalam. Aku ingin rumah ini penuh dengan Kekayaan.”

Istrinya tak setuju dengan pilihan itu. Ia bertanya, “sayangku, kenapa kita tak mengundang si Kesuksesan saja? Sebab sepertinya kita perlu dia untuk membantu keberhasilan panen ladang pertanian kita.”

Ternyata, anak mereka mendengarkan percakapan itu. Ia pun ikut mengusulkan siapa yang akan masuk ke dalam rumah. “Bukankah lebih baik jika kita mengajak si Kasih-sayang yang masuk ke dalam? Rumah kita ini akan nyaman dan penuh dengan kehangatan Kasih-sayang. ”

Suami-istri itu setuju dengan pilihan buah hati mereka. “Baiklah, ajak masuk si Kasih-sayang ini ke dalam. Dan malam ini, Si Kasih-sayang menjadi teman santap malam kita.”
Wanita itu kembali ke luar, dan bertanya kepada 3 pria itu.

“Siapa diantara Anda yang bernama Kasih-sayang? Ayo, silakan masuk, Anda menjadi tamu kita malam ini.”

Si Kasih-sayang berdiri, dan berjalan menuju beranda rumah. Ohho.. ternyata, kedua pria berjanggut lainnya pun ikut serta. Karena merasa ganjil, wanita itu bertanya kepada si Kekayaan dan si Kesuksesan.

“Aku hanya mengundang si Kasih-sayang yang masuk ke dalam, tapi kenapa kamu ikut juga?”

Kedua pria yang ditanya itu menjawab bersamaan. “Kalau Anda mengundang si Kekayaan, atau si Kesuksesan, maka yang lainnya akan tinggal di luar. Namun, karena Anda mengundang si Kasih-sayang, maka, kemana pun  Kasih sayang pergi, kami akan ikut selalu bersamanya. Dimana ada Kasih-sayang, maka kekayaan dan Kesuksesan juga akan ikut serta. Sebab, ketahuilah, sebenarnya kami berdua ini buta. Dan hanya si Kasih-sayang yang bisa melihat. Hanya dia yang bisa menunjukkan kita pada jalan kebaikan, kepada jalan yang lurus. Maka, kami butuh bimbingannya saat berjalan. Saat kami menjalani hidup ini.”

Source : Facebook
Read More...

Award Persahabatan dari Blog SD Negeri Medangasem III

Prakata :

Senin yang sangat cerah menyapa di bulan April 6 Mei ini. bagaimana tidak, setelah berakhir pekan, senin adalah hari untuk memulai semua kegiatan rutinitas baik yang baru maupun yang belum terselesaikan. selepas makan siang tadi saya beristirahat sejenak sambil menelusuri dunia maya ini sambil berkunjung ke halaman sahabat-sahabat saya. dan betapa irinya saya saat melihat nama-nama blogger serta para sahabat yang menyediakan dan mendapatkan award blog. namun saya tidak pernah berkecil hati, karena semua itu bukanlah titik ukur dalam suatu perihal yang harus menjadikan kita mengurangi potensi dan nilai-nilai lainnya.

Hujan mulai mengguyur bumi, Tuhan telah melimpahkan Anugerah serta Rahmat-Nya yang terkandung di dalamnya, begitu teduh lagi hangat disisiku.

Hal utama selain kenikmatan dan kebahagiaan yang diberikan hari ini adalah ketika saya masih bisa menarik nafas dan mengucapkan syukur sedalam-dalamnya. tiada hal lain dihati ini selain kebahagiaan karena diberikan kesempatan untuk hidup dan salah satu kebahagiaan yang sesungguhnya ialah persahabatan.

Beberapa waktu yang lalu,

Faceblog telah diberikan kesempatan dan kepercayaan sebagai sahabat untuk menerima sebuah Award blog bersama para sahabat blogger lainnya. sayangnya, saya baru menyadarinya beberapa minggu belakangan dan baru bisa saya publish sekarang.


Award ini bernama Award Persahabatan dan telah diberikan oleh sahabat, penggelola sekaligus pemilik dari blog SD Negeri Medangasem III - Karawang yaitu kang Eka Ikhsanudin. Beliau adalah seorang sosok sahabat yang berprofesi sebagai Guru dan ia bangga bisa menjadi Guru di Sekolah Dasar (SD). Sosok yang selalu berusaha menjadi seorang guru profesional ini menyalurkan hobinya lewat Blog, dimana lewat blog tersebut saya juga belajar beberapa peribahasa dan kosa-kata dari bahasa Sunda.

Berikut ini adalah sebuah tulisan yang disertakan oleh kang Eka Ikhsanudin di halaman posting Award Persahabatan ini.

Seorang teman sejati akan membuat kita hangat dengan kehadirannya, mempercayai akan rahasianya dan mengingat kita dalam doa-doanya.

Persahabatan sejati layaknya kesehatan, nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangannya.

Seorang sahabat adalah yang dapat mendengarkan lagu di dalam hatimu dan akan menyanyikan kembali tatkala kau lupa akan bait-baitnya.

Bertemanlah dengan orang yang suka membela kebenaran. Dialah hiasan dikala kita senang dan perisai diwaktu kita susah.

Kita tidak akan pernah memiliki seorang teman, jika kita mengharapkan seseorang tanpa kesalahan. Karena semua manusia itu baik kalau kita bisa melihat kebaikannya dan menyenangkan kalau kita bisa melihat keunikannya tapi semua manusia itu akan buruk dan membosankan kalau kita tidak bisa melihat keduanya.

Banyak orang akan datang dan pergi dari kehidupanmu, tetapi hanya sahabat-sahabat sejati yang akan meninggalkan bekas di dalam hatimu.

Orang bijaksana selalu melengkapi kehidupannya dengan banyak persahabatan.

Burung membutuhkan sarang, laba-laba membutuhkan jaring, manusia membutuhkan persahabatan.
Orang yang takut untuk memperoleh musuh tidak akan pernah memperoleh teman sejati. 

Maka dengan ini, saya ucapkan Terima Kasih untuk kang Eka karena sudah menganugerahi blog Faceblog ini dengan award persahabatan. walaupun masih terbilang sebagai pengunjung baru, namun dengan senang hati ia menyertakan nama blog Faceblog sebagai salah satu dari penerima Award tersebut. semoga award ini bisa menjadi jembatan yang makin mengkokohkan persahabatan kita.

Bagi para sahabat maupun pembaca sekalian, jika berkenan silahkan berkunjung juga di blog sahabat saya yang satu ini :


Akhir kata, saya hanya dapat mendo'akan semoga kang Eka Ikhsanudin sukses selalu dalam hal apapun yang hendak dikerjakan. Dan, apabila terdapat kesukaran didalamnya, diberikan Allah s.w.t kemudahan dan kesabaran dalam menyelesaikan tugas dan amanah sampai benar-benar tuntas. Amiin.

Salam Blogger!
Salam Lestari Buana Nusantara!
Read More...

Survey Mengenai Fakta Cowok dan Cewek + Award dari Facebloggers

Selamat malam Facebloggers!

Dikesempatan ini saya pengen banget membuat sebuah topik dengan unsur games didalamnya, ide ini iseng-iseng saya dapatkan saat sedang twitter-an. mengenai topik tersebut, saya ingin mengetahui tanggapan serta penilaian tentang cowok di mata cewek dan sebaliknya, cewek dimata cowok. kira-kira seperti apa tanggapan dan penilaian mereka? topik ini akan ditulis dan di ulas untuk beberapa periode ke depannya, jadi marilah bersama-sama terang-terangan mengenai fakta cewek dan cowok. Dan, juga akan dipilih beberapa orang cewek dan cowok sebagai peserta untuk mengikuti survey serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan mengenai topik tersebut. 

Jika anda ingin berpatisipasi dalam topik ini, gampang!
silakan tinggalkan komentar dibawah artikel ini dan e-mail dengan format :
Nama>akun Facebook/Twitter/G+>Peserta Survey.
kirimkan ke yudi.northrasher@gmail.com.

Setelah itu peserta akan di data dan diberikan pertanyaan secara berkala.

Tidak ada hadiah apapun yang saya sediakan, ini hanya sebuah permainan yang mungkin bisa membantu kita atau anak-cucu kita selanjutnya agar bisa lebih memahami antar satu dan lainnya. mungkin bisa dibilang sebuah warisan, ya, begitulah. 

Nah, sebelumnya, mari kita simak dulu beberapa preview yang saya dapatkan.
berikut ini adalah penampakan jawaban dari 9 cewek yang memakai akun twitter saat menjawab pertanyaan dari akun @Gue Tanya Yuk! terkait fakta tentang cowok.

fakta cowok bagian 1

fakta cowok bagian 2

Nanti saya akan mempersembahkan 2 jenis Award yang akan diberikan pada peserta yang saya anggap jawabannya lucu, spontan, jujur, dsb. serta 1 Award yang di berikan untuk 5 orang komentator terbaik yang sudah berupaya berkomentar demi menguak seluk beluk fakta terkait cowok dan cewek ini, jadi terdapat 3 award dari saya yang sedang menanti anda. tidak diperbolehkan menggunakan kata-kata kotor atau mengandung sara, melecehkan ras, suku, dan lainnya saat berkomentar. untuk *syarat dan ketentuan lebih lanjut akan di publish pada artikel selanjutnya.

mohon di maafkan jika ada kekurangan disana-sini, jika ada tambahan dari para sahabat-sahabat sekalian, mohon berikan komentarnya demi kelangsungan topik ini.

Terima Kasih.


Kind Regrads,

Kalahitam
Read More...

Love Story


Suami yang selalu membuat masalah. Setiap berbuat salah, selalu istrinya memberi maaf, Ia dengan mudahnya minta maaf berjanji tak mengulangi perbuatannya. Suatu hari, Ia menjatuhkan lentera yang akhirnya membakar gudang. Ia hendak minta maaf. ketika menemui sang istri. tapi tak pernah terjadi karna saat itu. Istrinya jadi korban kebakaran hingga kata maaf tak lagi cukup mengobati rasa sesalnya.

Read More...
  • Award Blog
    Diberikan Award blog visitors oleh Taman Belajar Blog